Minggu, 14 Mei 2017

Cara menanam buah NAGA di pot

Buah naga menjadi buah populer di Indonesia dan memiliki banyak sekali jenis buah naga, mulai dari buah naga dengan kulit merah dan daging warna putih, buah naga kulit merah dengan buah warna merah keunguan, buah naga super merah serta buah naga kuning. Aneka jenis buah naga ini memiliki ukuran yang bervariasi dengan cita rasa buah yang hampir sama. Buah naga ini sangat digemari di Indonesia selain karena rasa buahnya yang segar juga karena buah naga memiliki khasiat yang sangat bagus untuk tubuh. Buah naga ini dipercaya mampu mencegah kangker, menurunkan kolesterol, meningkatkan kekebalan tubuh, serta mampu mencegah diabetes mellitus. Hal ini membuat buah naga banyak dibudidayakan sebagai buah yang sangat bagus untuk kesehatan. Dalam menanam buah naga ini pun cukup mudah dan bisa ditanam pada lahan yang sempit. Banyak yang mencoba menanam buah naga ini di depan rumah atau di teras rumah sebagai hiasan yang memang mampu mempercantik suasana di teras rumah. Caranya ialah dengan menanam buah naga dalam pot sehingga tanpa perlu menggunakan lahan yang luas. Menanam buah naga dalam pot memang mampu membuat suasana dari teras rumah semakin indah dan cara menanam buah naga dalam pot ini telah dijalankan oleh banyak kalangan pecinta buah.
Orang kota atau sebagian orang yang memiliki lahan sempit biasanya sangat sulit untuk mencoba bertanam karena tidak adanya lahan. Sehingga ide untuk menanam sayur mayur dan buah dalam pot ini banyak dipilih selain membuat rumah semakin asri juga bisa memanen hasilnya. Buah naga menjadi pilihan tepat jika ingin menanam buah dalam pot. Untuk bisa menanam buah naga dalam pot ini maka perlu mengetahui beberapa hal mengenai proses penanaman. Supaya nantinya bisa menghasilkan buah naga yang mampu berkembang dan berbuah dengan baik. Maka silahkan simak dengan baik mengenai cara menanam buah naga dalam pot dengan mudah sebagai berikut :

1.      Menyiapkan Pot atau Tempat Menanam Buah Naga
Pot yang digunakan untuk menanam buah naga ini sangat bervariasi dan Anda bisa memilih aneka jenis pot baik itu pot plastik, pot semen, pot tanah liat, atau memanfaatkan drum atau kaleng bekas. Supaya membuat tanaman buah naga ini tumbuh dengan maksimal maka gunakan pot yang terbuat dari bahan tanah liat sebab mampu menjaga suhu pada tanaman buah naga dengan baik. Pilih pot dengan ukuran besar dengan ukuran sekitar 40 cm karena pertumbuhan akan semakin baik bila menggunakan pot dengan ukuran yang lebih besar.
2.      Menyiapkan Media Tanam
Apabila sudah mendapatkan pot yang tepat maka selanjutnya ialah dengan menyiapkan media tanam yang akan digunakan. Pertama – tama yang harus dilakukan ialah dengan menyiapkan dahulu pasir, pupuk, tanah serta kompos perbandingan antara media tanam ini ialah 2:3:1:1. Jika Anda ingin mendapatkan hasil media tanam yang bagus bisa menambahkan beberapa bubuk batu bata serta kapur pertanian. Cara mengolah media tanam ialah dengan mencampurkan semua bahan ini sampai tercampur lalu menyiramnya dengan air. Selanjutnya membiarkan campuran untuk menanam buah naga tersebut selama sehari semalam.
3.      Mempersiapkan Tiang Penyangga
Apabila sudah melakukan proses diatas maka selanjutnya ialah menyiapkan tiang penyangga yang memiliki fungsi penting bagi tanaman buah naga seperti bisa digunakan untuk menopang supaya buah naga tidak roboh. Buah naga ini akan melilit pada tiang nantinya sehingga akan lebih baik apabila membuat tiang penyangga ini dari bahan besi
4.      Menanam Bibit Buah Naga
Anda bisa memilih bibit dengan kualitas terbaik seperti bibit dengan ukuran yang besar, dengan batang yang memiliki warna hijau tua dan bebas dari segala penyakit. Anda bisa menanam bibit buah naga dengan ukuran yang pas contohnya 30 cm. Apabila sudah mendapatkan bibit buah naga yang tepat maka tanamlah buah naga ini pada kedalaman tanah kurang lebih sekitar 10 cm pada sekitar tiang yang telah disiapkan. Rapikan tanah yang ada pada bibit buah naga dengan menekan tanah. Proses penekanan tanah ini juga memiliki fungsi lain sebagai penguat batang bibit buah naga supaya tidak mudah roboh dan tetap kokoh. Selanjutnya sirami pot tersebut dengan air dan letakan pot pada daerah yang terkena sinar matahari secara langsung.
5.      Proses Pemeliharaan Tanaman Buah Naga
Jika ingin tanaman buah naga ini bisa tumbuh dengan baik maka Anda perlu merawatnya dengan baik supaya nantinya bisa memanen buah naga dan bisa merasakan buah yang ditanam sendiri di rumah, tentu rasanya akan menyenangkan. Pada saat memelihara buah naga ini harus dilakukan dengan baik dan benar diantaranya ialah melakukan proses pemupukuan supaya bisa mendapatkan buah naga yang berkualitas dan menutrisi buah naga supaya bisa berkembang dengan baik. Penyiraman pada buah naga ini perlu dilakukan dengan teratur supaya buah naga tetap dalam keadaan segar. Jika tanaman buah naga ini telah berkembang besar maka perlu melakukan pemangkasan pada cabangnya. Selain itu memeriksa tiang penyangga dan akar tanaman buah naga guna memastikan bahwa tanaman buah naga ini masih dalam keadaan kokoh. Supaya batang tanaman buah naga ini menjadi rapi maka Anda dapat mengikat batang pohon buah naga dengan menggunakan kawat pada tiang penyangga. Jika sudah melakukan perawatan pada buah naga ini secara teratut maka Anda pun tinggal menunggu waktu panen buah naga tiba.


1 komentar:

  1. Halo Bossku ^^
    Segera Daftarkan ID di ibu21,com
    Menyediakan 8 Permainan Hanya Dengan 1 ID
    Serta Tersedia Promo Menarik
    Bonus Turn Over Terbesar
    Bonus Refferal Seumur Hidup
    Minimal Deposit Hanya 25Rb
    BBM : csibuqq
    WA : +855 88 780 6060
    Di Tunggu Kehadirannya Bossku ^^

    BalasHapus